Kurikulum 2013 dan kurikulum-kurikulum sebelumnya secara umum tentunya bertujuan untuk mewujudakan tujuan pendidikan itu snediri. Menurut pemahaman saya bahwa Kurikulum 2013 lebih mengutamakan pada produktif, kreatif, inovatif, kredibel dan kemandirian. Jadi dalam kurikulum 2013 baik guru maupun siswa diharapkan lebih produktif, kreatif, inovatif, kredibel dan mandiri dalam mengaplikasikan kurikulum 2013. Jika seorang gurunya monoton maka kemungkinan siswanya akan lebih mengetahui dari gurunya karena tuntutan K-13 supaya siswa menemukan sendiri dan belajar lebih ekstra sendiri sehingga siswa pasti memiliki jalan seperti banyak bertanya dan bahkan bimbingan belajar dirumah, ini jika siswa sadar akan K-13. Dengan demikian bahwa guru dan siswa lebih mandiri meskipun guru hanya sebagai pembenar atau fasilitator dalam pembelajaran. Kurikulum 2013 bisa dilihat hasilnya ketika nanti sudah diberlakukan untuk beberapa waktu kedepan, karena meskipun itu hal yang bagus tapi aplikasinya sangat menentukan, teori bagus tapi praktik kurang bagus maka akan tidak bagus.
Terimakasih...
Aminullah. PMat B.(Tantangan dan Harapan Kurikulum 2103)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar