Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan serta pengalaman paka-pakar pendidikan di Indonesia terkait pembelajaran baik didalam negeri dan luar negeri menghasilkan kurikulum terus berganti hingga yang sekarang adalah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menerapkan pendekatan saintifik yaitu peroses pembelajaran yang menurut saya yitu dari siswa oleh siswa dan untuk siswa, artinya bahwa siswa sebagai pusat pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator, motivator, menyempurnakan dan bahkan mungkin juga jadi penonton. Kurikulum 2013 bisa diterapkan karena diharapakan siswa bisa belajar sendiri karena danya buku-buku belajar, teknologi atau internet untuk mencari bahan belajar dan untuk meningkatkan kerja sama serta mental siswa, namun bagaimanapun bahwa kurikulum 2013 adalah buatan manusia, maka banyak kekurangan didalamnya. Sebagai contoh bahwa pada masa lampau yang hanya menggunakan metode konvensional, tapi beliau-beliau yang dulu memiliki kecerdasan dan kemampuan yang bahkan lebih dari siswa atau mahasiswa yang sekarang yang menggunakan begitu banyak pendekatan dalam peroses pembelajaran. Siswa yang masih dibangkau SD, jika dituntut untut untuk menemukan, bertanya dan samapai menyimpulkan suatu materi, maka menurut saya belum tepat karena masih tahap membutuhkan bimbingan dan kedekatan emosioanal dalam peroses pengenalan. Jadi, kurikulum 2013 memang bagus dan metode pembelajaran yang tepat yaitu banyak sekali, khusunya pendekatan saintifik, penemuan dan metode-metode lain yang berpusat pada siswa.
Terimakasih...
Aminullah. PMat B.(Metode Pembelajaran yang Cocok untuk Kurikulum 2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar